06 September 2006

Pengertian CahayA




(_'_)

Nun
Nur
[CahayA]

Apa arti cahaya

bagi yang buta matanya
dan apa arti cahaya
bagi yang melihat
dengan sempurna

yang buta bisa jadi memiliki
mata hati yang lebih peka

sedang yang melihat bisa jadi
buta mata hatinya


"Dan Barangsiapa yang buta
(mata hatinya menyaksikan Allah SWT.)

di dunia ini, niscaya akan lebih buta pula
di akhirat kelak

bahkan lebih sesat jalannya."
(QS.Al-Isro'[17]:72)

1. Pengertian Cahaya bagi orang awam.

Cahaya berarti sebutan terhadap sesuatu yang tampak dengan sendirinya atau menampakkan benda-benda lainnya, sedangkan ketampakan itu sesungguhnya nisbi bagi manusia yang menggunakan mata hatinya/akalnya. manusia melihat melalui indra penglihatan dengan dua bola mata yang banyak memiliki kelemahan-kelemahan yang sering menipu dan mengecoh
bagi yang melihat. dan juga kadang-kadang cahaya digunakan untuk benda-benda yang bersinar seperti cahaya: lilin, lampu, obor, senter, dop, neon, laser, hp, monitor,televisi, proyektor dan lain-lain.

Ada cahaya yang nampak dengan sendirinya atau pantulan dari cahaya lainnya atau Cahaya sesungguhnya yang jelas lebih kuat daya sinarnya. dan bisa menampakkan benda-benda lainnya seperti cahaya: matahari, bintang, bulan, petir, helilintar dan lain-lain.

2. Pengertian cahaya bagi orang khusus.

Cahaya bermakna ruh yang melihat

Cahaya diketahui karena adanya mata yang memiliki daya lihat, tidak ada cahaya yang tampak dan menampakkan bagi orang yang buta matanya. Jadi jiwa (ruh) yang melihat sama dengan cahaya yang tampak yang lebih tinggi kedudukannya sebab ia memiliki daya cerap sehingga pencerapan itu dapat terwujud, dengan demikian ruh yang melihat disebut Cahaya.

Salam Bahagia

Nur Khabib

No comments: